Minggu, 08 April 2012

Resensi Film "NATIONAL TREASURE 2: BOOK OF SECRETS "


NATIONAL TREASURE 2
 


Genre : Aksi/Laga Petualangan
Pemain  : Nicolas Cage, Jon Voight, Harvey Keitel, Ed Harris, Diane Kruger, Justin Bartha, Bruce Greenwood, Helen Mirren
Sutradara : Jon Turteltaub
Penulis Naskah : Cormac Wibberley, Marianne Wibberley
Produser : Jerry Bruckheimer, Jon Turtletaub
Rumah Produksi : Walt Disney Pictures
Durasi : 135 Menit
Klasifikasi Penonton : Segala Umur
Tanggal Rilis : 21 Desember 2007 (Amerika)




SINOPSIS
Film ini merupakan lanjutan dari NATIONAL TREASURE, yang menceritakan petualangan seorang sejarawan Benjamin Franklin Gates (Nicolas Cage). Ketika Ben sedang presentasi informasi baru mengenai John Wilkes Booth dan 18 halaman yang hilang dari diarinya, tiba-tiba Mitch Wilkinson (Ed Harris) berdiri dan memberikan halaman yang hilang dari diari John Wilkes Booth. Komentar Mitch Wilkinson (Ed Harris) tentang Thomas Gates, ayah dari kakek Ben, yang disebut di halaman tersebut menunjukkan bahwa Thomas Gate kemungkinan adalah orang yang terlibat dalam pembunuhan Abraham Lincoln. Ben tidak dapat membela diri, karena Mitch membawa bukti otentik dari sebuah sobekan buku yang jadi objek penelitian Ben, tentang peta harta karun bangsa kuno Amerika.
Ben bersama kekasihnya Abigail (Diane Kruger), dan sahabatnya, Riley (Justin Bartha), serta orang tuanya bertekad untuk membuktikan bahwa kakek buyutnya tidak bersalah. Mereka akhirnya harus mendatangi Patung Liberty, Menara Eifel dan Mount Rushmore. Ketiga tempat ini memiliki rahasia, dan saling berkaitan. Dari tiga petunjuk sebelumnya, membuat mereka harus mendatangi Buckingham Palace, untuk mencari petunjuk selanjutnya. Mereka akhirnya menemukan sebuah Petunjuk selanjutnya yaitu buku presiden yang disimpan di perpustakaan kongres(Library of Congress) Buku presiden itu disimpan di koleksi khusus dengan kode XY, untuk masuk ke dalam ruangan tersebut Ben Gates harus memasukkan sandi yang telah ia ketahui dari Presiden dengan menculiknya di Mount Vernon dan mencuri salah satu halaman dari buku tersebut. Kemudian mereka mencocokkan hasil sobekan yang dimiliki Mitch, dengan buku asli yang memang ada sobekan pada satu halamannya. Dengan bantuan alat canggih, Ben dan dua rekannya akhirnya berhasil mengungkap tulisan rahasia yang ada di balik sobekan kertas. Ternyata dalam sobekan buku tersebut, tersimpan rahasia pembunuhan Presiden Amerika Abraham Lincoln, dalam satu acara teater. 
Ben, Abigai dan Riley juga menemukan artefak kuno suku asli Amerika di meja Resolute twins, dimana meja Resolute twins yang pertama ditemukan di Buckingham dan meja yang lain di Ouval room tepatnya di White house (Istana Kepresidenan Amerika). Petualangan tersebut berlangsung seru dan terus berlanjut sampai akhirnya mereka menemukan sebuah kota emas kuno, Cibola di daerah reservasi nasional gunung Rushmore, USA .
Pada akhirnya, Ben berhasil menemukan bukti fakta bahwa kakek buyutnya memang tidak bersalah, sekaligus menemukan kota emas kuno Cibola tersebut.

Pendapat saya :
cerita ini adalah sebuah cerita yang perlu ditonton/dilihat semua orang, karena film ini sangat mendidik dan menimbulkan sebuah teka-teki sehingga kita yang melihatnya pun ikut berfikir bagaimana alur cerita ini.
Adegan-adegan seru tetap menjadi salah satu bumbu film besutan Turteltaub ini. Memang petualangan yang ditampilkan sangat menarik dan lebih seru apabila dibandingkan film pertamanya, namun secara keseluruhan saya bisa nilai film sequelnya ini masih berada setara kualitasnya dengan jilid pertamanya. Yang cukup menarik adalah bahwa petualangan Ben Gates kali ini tak berkutat di Amerika saja.
Perpustakaan yang megah dan penataan koleksi yang sangat rapi, dan tata letak perpustakaan yang sangat indah andai saja perpustakaan seperti itu ada di Indonesia. Pasti dapat menumbuhkan minat baca yang tinggi dikalangan masyarakat kita.


Sumber :




by : Rivan Rusdiarto (D1810080)

5 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. aku pengen weruh perpus kongres neng amrik kuwi koyo opo.. sayang gak iso rono

    BalasHapus
  3. bisa2...liat film e ae dlu,,,
    nti klo mau tdur bru mimpiin thu perpustakaan,,,
    hahahahaaa

    BalasHapus