Senin, 11 Juni 2012

Tips Memakai Laptop

 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhflwdzTtD895aTDWV203NMTyDEPVHk-wVFbpb1c0tfNoW91EocZ_p6_J8Wk6YwhrO8XjdTsefph5lQxN60xE8h08FS5bTMidDhnaOwbc-6nvVgq2887Kn1NuMJTZJkcYELwOBesBZ0363T/s1600/catalog_products_Toshiba_Satellite_L640_1067U.jpg



Bagi anda pengguna laptop, mungkin kasus seperti yang saya alami berikut ini sudah tidak asing lagi. Namun apa salahnya kalau saya ulas lagi. Saya yakin anda pernah mengalami kejadian dimana saat sedang asik-asiknya nge-blog atau mengerjakan sesuatu dengan laptop tiba-tiba senjata andalan kita itu (laptop) mati mendadak. Bisa ditebak, ekspresi kita saat itu panik bercampur murka. Padahal setelah melalui perenungan yang panjang, melelahkan dan mendalam itu tak lain adalah kecerobohan pemakainya semata, dalam hal ini mungkin karena ketidaktahuan atau bahkan bisa jadi ke-masabodoh-an sayalah yang mengakibatkan hal itu terjadi.

Kejadian tersebut tidak berlangsung satu dua kali namun berkali-kali. Agar tidak dicap sebagai pembantah peribahasa: “Malu bertanya sesat di jalan”, akhirnya saya pun mencoba bertanya kepada salah seorang teman saya, yang saya rasa dia mengerti tentang seluk beluk dunia IT. Setelah bertanya dan mendapatkan jawaban serta solusinya, saya masih bingung karena bahasanya kelewat tinggi dan masih ada beberapa point yang saya tidak mengerti. Akhirnya saya pun coba bertanya kepada salah seorang teman saya lagi yang bisa dikatakan jago juga dalam dunia IT. Namun, penjelasan dan solusi yang saya dapatkan malah membuat saya bertambah bingung.

Ketika iseng-iseng sedang on line sambil mengecek blog pribadi, terlintas dalam benak saya untuk segera memanfaatkan momen ini (on line) untuk mencari bahan penyelesaian permasalahan saya itu. Setelah mengetikkan beberapa keyword akhirnya saya pun tersesat kepada situs : http://brahmacomputerservices.blogspot.com/ , di situs ini saya mendapatkan informasi yang sangat berharga sekali mengenai permasalahan yang saya alami.

Baiklah setelah melalui intermezzo yang terlampau panjang, akan Saya paparkan kembali bagaimana tips pencegahan serta solusinya saja (untuk info lebih lanjut, bisa kunjungi situs yang bersangkutan), cekidot:

PENCEGAHAN :

1. Jangan menggunakan laptop di kasur, karena bidangnya yang lunak berdampak menutup lubang udara masuk yang berada di bagian bawah laptop dan banyak debu kasur yang akan terhisap masuk dan menyangkut di kisi-kisi pendingin.

2. Gunakan alas kaku jika memang mau menggunakan di kasur sehingga akan tercipta rongga di bawah laptop yang membuka celah udara untuk bisa masuk dan mengalir ke dalam laptop.

3. Jauhkan Abu Rokok berserakan di sekitar meja kerja, gunakan asbak yang di beri air sehingga abu tidak berterbangan dan terhisap oleh fan dan masuk ke dalam laptop.

4. Biasakan membersikan meja dulu dari debu sebelum laptop dinyalakan.

5. Jangan memangku laptop pada posisi lubang fan udara masuk tertutup paha kaki.

6. Gunakan extra fan sebagai pembantu proses masuknya udara agar sirkulasinya jauh lebih baik.

7. Gunakan software pengukur temperatur prosesor yang sangat praktis dan akurat namanya SPECCY dapat di download di www.piriform.com/speccy/download


SOLUSINYA : Membongkar dan membersihkan pada bagian sirkulasi udara masuk dan keluar yang berupa debu tersebut.


Alhamdulilah, akhirnya permasalahan saya bisa teratasi berkat infonya tersebut dan materi untuk tugas saya pun saya dapatkan, sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui.

Demikian pengalaman dari saya, semoga bermanfaat ^^.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar